Minggu, 31 Oktober 2010

SMANSA untuk Adipura 2010



Pemerintah Kabupaten Pontianak era Bupati Drs H Hendri usman (almarhum), pernah berjaya tiga kali meraih Piala Adipura kategori Kota Kecil Terbersih. Dari tiga kali itu, dua diantaranya diterima berturut-turut. Sayang, pada pemerintahan berikutnya, penghargaan serupa tak lagi mampu diraih. Persoalannya, karena untuk piala Adipura yang mengutamakan bidang kebersihan, sepertinya belum mampu dilakukan, termasuknya pada tahun 2010 ini. Dari hasil pertemuan Tim eksistensi Regional Kalimantan dengan Bupati Pontianak berikut jajaran terkait seperti badan Lingkungan Hidup dan Penangananan bencana, Dinas PPerhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas PU, Dinas Hutbun dan RSU Rubini Mempawah, penilaian awal Kabupaten Pontianak untuk wilayah Kalbar dari 13 kabupaten/kota.

Adipura, adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup.
Pengertian kota dalam penilaian Adipura bukanlah kota otonom, namun bisa juga bagian dari wilayah kabupaten yang memiliki karakteristik sebagai daerah perkotaan dengan batas-batas wilayah tertentu.
Peserta program Adipura dibagi ke dalam 4 kategori berdasarkan jumlah penduduk, yaitu:
  • Kota Metropolitan (lebih dari 1 juta jiwa)
  • Kota Besar (500.001 - 1.000.000 jiwa)
  • Kota Sedang (100.001 - 500.000 jiwa)
  • Kota Kecil (sampai dengan 100.000 jiwa)
Dalam lima tahun pertama, program adipura difokuskan untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi "Kota Bersih dan Teduh"
Kriteria Adipura terdiri dari 2 indikator pokok:
  • Indikator kondisi fisik lingkungan perkotaan dalam hal kebersihan dan keteduhan kota
  • Indikator pengelolaan lingkungan perkotaan (non-fisik), yang meliputi institusi, manajemen, dan daya tanggap
Program Adipura telah dilaksanakan setiap tahun sejak 1986, kemudian terhenti pada tahun 1998. Program Adipura kembali dicanangkan di Denpasar, Bali pada tanggal 5 Juni 2002, dan berlanjut hingga sekarang.
Dalam rangka ikut serta mendapatkan kembali adipura di Kabupaten Pontianak, SMA Negeri 1 Mempawah akan ikut serta dalam upaya meraih kembali Adipura 2010 untuk Kabupaten Pontianak. Untuk itu diprogramkan oleh Kepala SMA Negeri 1 Mempawah Bp. Hamzah, S.Pd. M.Si. untuk ikut serta mensukseskan program pemerintah Kabupaten Pontianak.
Salah satu program yang dilakukan oleh pihak sekolah adalah dengan melakukan program penataan ulang lingkungan sekolah terutama dalam hal kebersihan dan keindahan. Program itu dilakukan dengan kerja bakti guru untuk membersihkan lingkungan sekolah dan pelaksanaannya telah dimulai sejak Hari Jumat tanggal 29 Oktober 2010.


 





 

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com